Sabtu, 04 Februari 2012

Membuat Komputer Menyapa Saat Masuk Windows


Halo... Salam Hacker
Jika anda termasuk orang yang hobi utak-atik komputer dan OS (Operating System), serta gemar mencari tahu fitur-fitur yang terkandung di dalamnya, maka anda akan menemukan sekian banyak fasilitas yang cukup unik dan canggih mendekam di dalamnya. Selain On Screen keyboard, di dalam komputer dengan OS Windows juga memberikan fasilitas Narrator layaknya juru bicara elektronik pribadi. Narator mempunya fungsi mampu mengeluarkan suara sesuai dengan aktifitas yang kita lakukan.
Ketika kita mengklik tombol enter misalnya, jika fasilitas Narrator diaktifkan masa sebuah suara berbunyi “Enter” pun akan terdengar. Begitu pula apabila kita taruh cursor mouse di belakang baris tulisan, maka secara otomatis suara tersebut akan membacakan isi tulisan sampai baris terakhir.
Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai bagaimana cara yang dilakukan agar komputer memberikan sapaan pada penggunanya ketika si user baru  menyalakan komputernya, supaya dapat memberikan kesan interaktif antara komputer dan si pemakai.
Saya sengaja membahas Narrator sebagai prolog posting ini, karena kalimat sapaan yang akan terdengar sebenarnya memanfaatkan fasilitas Narrator tadi, namun untuk memunculkannya dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman visual basic.
Langsung saja, yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:
1. Buka Program Notepad
2. Copy kan kode di bawah ini kedalam Notepad


Dim speaks, speech, salam , usernameusername = CreateObject("WScript.Network").Username
 
If Hour(Time) < 12 Then
salam = "Good morning"
ElseIf Hour(Time) < 18 Then
salam = "Good afternoon"
Else
salam = "Good night"
End If
 
speaks = salam + "hi user " + + "! Welcome back to your personal computer! Have a nice work!"
Set speech = CreateObject("sapi.spvoice")
speech.Speak speaks

Simpan script program yang sudah anda buat tadi dengan nama terserah_anda.vbs. Jangan lupa pilih opsi All Files pada bagian File Type.  Kemudian arahkan penyimpanan file tadi pada folder Startup. Adapun path folder tersebut untuk beberapa OS (Operating System) berbeda-beda.
Windows Vista & 7 -> ”C:\Users\{username}\AppData\Roaming\Microsoft\Win dows\Start Menu\Programs\Startup”
Windows XP -> C:\Documents and Settings\{username}\Start Menu\ atau C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup
Setelah file “terserah_anda.vbs” tersimpan, kemudian restartlah komputer anda. Maka beberapa detik setelah starting-up suara seorang wanita akan menyapa anda. Well, selamat! Anda telah berhasil membuat komputer anda berbicara!

0 komentar:

Posting Komentar

comment ea